MAKALAH TEKNOOGI DI JEPANG


MAKALAH TENTANG TEKNOLOGI DI JEPANG



Nama kelompok :
1.    Bintang Fajar Rahmatulloh (09)
2.    Fandi Firmanda (12)
3.    Genari Otaria N.P (14)
4.    M.Roiyan Rintiarno(21)




KATA PENGANTAR


    
Puji dan syukur panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana atas berkat limpahan karunia , rahmat, taufiq dan hidayah-Nyalah penulis dapat menyelesaikan makalah “Tentang Teknologi di Jepang”. Sholawat beserta salam mudah-mudahan selamanya tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, beserta sahabatnya .Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis, dan umumnya bagi para pembaca .
     Atas segala kesederhanaan dalam penyajian dan pembahasan , penulis menyadari bahwa penulisan makalah ini belum sempurna. Maka dari itu, apabila ada banyak kesalahan mohon dimaafkan, karena penulis masih dalam tahap belajar.









Sidoarjo, 17 Oktober 2018




Penulis

DAFTAR ISI

Contents

 

BAB I

PENDAHULUAN

     Perkembangan teknologi dewasa ini telah mencapai tingkat yang sangat mengagumkan. Jarak dan waktu sekarang ini, bukan lagi menjadi masalah karena adanya bantuan dari teknologi yang ada. Perkembangan ini tidak saja terjadi di satu bidang. Namun telah terjadi di semua segi kehidupan manusia. Diakui atau tidak pemenuhan kebutuhan teknologi untuk membantu aktivitas operasional orgnisasi tetap harus dilakukan. Pada dekade sekarang, pengaruh teknologi informasi dan komunikasi tidak dapat dipungkiri dalam segmen bisnis dan pemerintahan. Teknologi informasi dna komunikasi menfasilitasi dan membentuk keseharian individu dengan menawarkan jasa seperti e-commerce, e-goverment, e-learning, e-health dan e-working.
     Dampak utama penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam bisnis dan pemerintahan dalam tingginya volume penggunaan internet dan jaringan mobile oleh pemerintah dan warganya. Oleh karena itu ekspansi teknologi informasi dan komunikasi yang cepat dan penggunaan teknologi tersebut oleh bisnis dan organisasi menekankan bahwa adopsi teknologi informasi tidak hanya sangat dibutuhkan oleh organisasi, tapi juga untuk pelanggan untuk mencapai tingkat efektifitas dan efisiensi yang tinggi dalam sebuah dunia persaingan.
     e-commerce telah mendesain bagaiman sebuah bisnis berinteraksi dnegan pelanggan mereka dan beroperasi secara internal dengan mengubah komunikasi dan mempertukarkan informasi dalam bentuk digital, dan menggunakan teknologi berbasis elektronika dengan tujuan untuk melakukan pekerjaan dalam area virtual. E-commerce dikenal sebagai media baru untuk menghubungkan perusahaan dengan pelanggan dan sebagai sebuah alat yang penting untuk memperkaya produk dan jasa, oleh karena itu adopsi teknologi.
     Teknologi menjadi perhatian yang penting karena hampir semua orang baik tua, muda, kaya, miskin menggunakan teknologi. Seakan-akan manusia tak dapat hidup tanpa teknologi. Apalagi dengan era modern ini teknologi seakan menjadi trending topic bahkan dalam bahasa kita banyak yang menyebutkan gaptekjika mereka tak menguasai teknologi. Nah dari situ bisa dibayangkan teknologi mengambil peran yang sangat luar biasa, bahkan hampir menyedot perhatian setiap orang di dunia. Yang menjadi perhatian saya adalah perkembangan teknologi di negeri sakura Jepang. Bagaimana negeri ini menjadi sejajar dengan bangsa barat pada abad ke 21 padahal dulunya sempat mengalami masa-masa yang sulit ? Jepang yang sudah tertutup rapat-rapat bagi seluruh dunia selama lebih dari dua abad, sekarang secara tiba-tiba saja membuka diri terhadap pengaruh-pengaruh yang menyegarkan. Dan seperti yang kita ketahui saat ini hubungan bilateral antara Indonesia dengan Jepang tak dapat dipungkiri bahwa saling menguntungkan kedua belah pihak.
     Dalam jumlah investasi langsung asing di Indonesia dari tahun 1967 hingga 2007, Jepang menduduki tempat pertama dengan angka 11,5% dalam kesuluruhannya. Terdapat kurang lebih 1000 perusahaan Jepang beroperasi di Indonesia (sumber: JETRO). Perusahaan-perusahaan tersebut memperkerjakan lebih dari 32 ribu pekerja Indonesia yang menjadikan Jepang sebagai negara penyedia lapangan kerja nomor 1 di Indonesia (sumber: BKPM).
     Di bidang teknologi, Jepang tak diragukan lagi namun bagaimana dengan kebudayaan Jepang yang pada masa Kesyogunan Tokugawa sangat menjunjung tinggi adat tradisi mereka ? bukankah manakala sebuah negara hendak memodernisasi negaranya, kerangka nilai-nilai kuno dan tradisional  harus dibuang atau sedikit demi sedikit akan mulai luntur berganti dengan kehidupan masyarakat modern?. Sebenarnya inilah yang menjadi menarik untuk dibahas dan perlu dicontoh untuk Bangsa Indonesia. Gagasan-gagasan dari Seikyosha (Himpunan Pendidikan Politik) berpendapat bahwa hanya dengan mempertahankan identitas  budaya yang khas, bangsa Jepang dapat merasa berdiri sama tinggi duduk sama rendah dengan orang Barat, dan menemukan kembali kebanggaan bangsa.[5] Kebudayaan Jepang sudah merakyat di negeri kita, orang-orang mulai familiardengan masakan Jepang, Kimono, Seni pertunjukan Jepang dll. Tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi Jepang terkait dengan kebudayaannya yang ikut juga terbawa.


      



















1.2.          Rumusan masalah

A.    Bagaimana teknologi yang diterapkan dijepang?
B.     Macam macam teknologi dijepang?
C.     Perkembangan teknologi dijepang yang dikaitkan dengan kebudayaan, festival, sejarah, tempat wisata, makanan, pendidikan, teknologi.



A.    Untuk mengetahui bagaimana perkembangan teknologi yang ada dijepang
B.     Agar lebih mengetahui secara mendalam tentang macam-macam teknologi di jepang
C.     Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemajuan teknologi dengan hal-hal lain
D.    Untuk mengetahui bagaimana jepang bisa maju dalam bidang teknologi























BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Landasan tentang teknologi di jepang

     Jepang merupakan salah satu negara maju yang sangat dikenal. Negara Jepang atau yang dalam Bahasa Jepangnya disebut Nippon atau Nihon secara harfiah berarti “negara/negeri matahari terbit”. Jepang merupakan salah satu negara yang terletak di kawasan Benua Asia, tepatnya di Asia Timur. Jepang juga merupakan suatu kepulauan yang terletak di ujung Samudera Pasifik bagian barat dan di sebelah timur Laut Jepang, serta bertetangga dengan Republik Rakyat China, Korea, Taiwan, dan negara-negara lain, khususnya yang termasuk ke dalam kawasan Asia Timur.
     Seperti halnya negara-negara maju lainnya, kemajuan Jepang didukung oleh beberapa faktor, antara lain kemajuan dibidang pendidikan, teknologi, ekonomi, industri, kesehatan, dan sumber daya manusianya. Di bidang teknologi, Jepang sudah selangkah lebih maju jika dibandingkan dengan negara-negara maju maupun negara-negara berkembang lainnya. Perkembangan teknologi tersebut meliputi bidang kedokteran, industri, peralatan militer, pengolahan makanan, farmasi, konstruksi, serta alat informasi dan telekomunikasi. Oleh karena itu, dipandang dari segi teknologinya saja, Jepang layak disebut sebagai Negara Maju.
     Jika kita tengok sejenak ke belakang, saat negara Indonesia masih berada di bawah jajahan Pemerintahan Jepang sekitar tiga setengah tahun lamanya. Saat itu, Bangsa Indonesia melakukan berbagai perlawanan dengan peralatan yang masih sangat sederhana, yaitu dengan menggunakan bambu runcing. Namun, saat itu Jepang telah menggunakan peralatan perang yang sudah modern. Selain itu, Jepang juga mampu meluluh lantahkan pelabuhan Pearl Harbour, Hawaii, Amerika Serikat pada Perang Dunia ke II dengan senjata perang dan peralatan militer yang tak kalah modern dengan senjata-senjata perang Amerika Serikat saat itu. Semua senjata perang dan peralatan militer tersebut tak lain merupakan hasil dari perkembangan teknologi Jepang yang ada pada saat itu.
     Pada masa sekarang, tentunya perkembangan teknologi Jepang jauh lebih maju lagi. Kita dapat dengan mudah menjumpai berbagai jenis barang atau peralatan produksi Jepang dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai jenis barang atau peralatan tersebut merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Berbagai jenis barang itu antara lain perangkat komputer dan laptop dengan merk Toshiba dan Sony Vaio, televisi, handphone, kipas angin , kulkas, dan ricecooker. Sedangkan dibidang otomotif seperti mobil dan motor dengan merk Suzuki, Toyota, Daihatsu, Yamaha, dan Honda, serta robot Baby Sister yang pernah diperkenalkan kepada berbagai negara.
     Selain itu, Jepang juga telah membuat iphone dengan jenis terbaru. Selain untuk menciptakan teknologi terbaru, iphone ini juga dibuat dengan tujuan sebagai solusi dari tindakan atau perilaku beberapa orang di Jepang yang iseng dan suka mengintip pakaian dalam wanita yang menggunakan rok pendek. Mungkin terdengar sedikit mengejutkan, namun beberapa orang yang cukup meresahkan kaum perempuan di Jepang melakukan tindakan yang kurang terpuji tersebut dengan menggunakan kamera digital. Setelah dibuat iphone terbaru ini, diharapkan masalah tersebut dapat terselesaikan karena iphone terbaru ini akan mengeluarkan bunyi tertentu apabila penggunanya hendak mengambil gambar. Bunyinya serupa dengan suara “jepret” dan dibuat secara permanen, sehingga tidak dapat dimatikan. Selain iphone jenis terbaru, Jepang juga membuat teknologi nano yang sangat bermanfaat, khususnya dibidang material, elektronika, IT, energi lingkungan, bioteknologi, dan kedokteran.
     Universitas Tokyo juga menciptakan sendi buatan (artificial joint) terbaru. Mereka bekerjasama dengan Perusahaan Manufaktur Japan Medical Materials Corporation di Osaka, Jepang. Sendi buatan terbaru ini berbeda dengan sendi buatan sebelumnya, di mana sendi buatan terbaru ini tidak mudah longgar pada bagian sambungan dengan tulang dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama, sekitar 25-30 tahun berturut-turut.
     Perkembangan teknologi Jepang tak hanya sampai di situ. Negeri Sakura ini juga menciptakan kertas performa tinggi dengan menggunakan serat sintetis. Sedangkan Grup Teijin Jepang menciptakan mobil listrik ultra ringan dengan bahan komposit serat karbon, resi polikarbon, dan derived polyster.
     Yukitanaka, Seorang mahasiswa pascasarjana Universitas Tohoki, menemukan logam campuran yang superelastis. Logam ini berfungsi sebagai anti gempa. Penggunaannya yakni baut yang mengandung logam campuran superelastis ini dipasangkan pada titik temu pondasi dan rangka bangunan. Dengan cara tersebut, diperkirakan bangunan akan tahan gempa dengan getaran paling kuat menurut ukuran Jepang, yakni 0-7 skala richter. Apabila terjadi gempa, campuran logam akan menyerap energi yang dihasilkan oleh gempa dan membuat bangunan lentur mengikuti guncangan, sehingga bangunan terkesan elastis. Akan tetapi, penemuan ini akan diteliti kembali perihal kualitas dan daya tahan logam tersebut. Meskipun begitu, para ilmuwan dari beberapa negara, seperti Amerika Serikat dan Brazil mengajak Jepang untuk melakukan penelitian bersama.
     Berdasarkan beberapa penemuan oleh Bangsa Jepang tersebut merupakan bukti bahwa Jepang telah memberikan banyak kontribusi dalam perkembangan teknologi dunia. Terkadang kita mendengar pertanyaan atau mungkin kita sendiri yang mengajukan pertanyaan bahwa bagaimanakah Jepang bisa menemukan berbagai penemuan terbaru dan membuat citra Bangsa Jepang semakin hebat di mata dunia?

















2.2. Macam-macam teknologi yang ada di Jepang


2.2.1.  Teknik robot

     Jepang memang terkenal sejak dahulu karena di dukung informasi teknologi dan sumber daya manusia yang berkualitas, teknologi robot di Jepang mampu memproduksi robot yang sangat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia. Pada medio september kemarin kembali memecahkan rekor dengan lahirnya Evolta, robot yang menjadi maskot perusahaan elektronik asal Jepang, Panasonic, pernah menerima penghargaan Guinness World Records. Robot ini kembali akan memukau publik dengan menjelajah jalanan Jepang dengan melakukan long march sejauh 300 mil atau tepatnya sekitar 482 kilometer dari Tokyo ke KyotoSeperti yang dilansir oleh Panasonic, dalam video-nya, Evolta hadir berbentuk robot humanoid mungil yang menarik gerobak roda dua ala zaman pertengahan daihachiguruma, Jepang.Dengan kecepatan mencapai dua hingga tiga meter per jam, robot yang dikendalikan dengan remote control ini diperkirakan akan tiba di Kyoto pada 10 Desember 2010, setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 49 hari.
     Evolta dijadwalkan akan menjelajah jalanan bersejarah seperti Tokaido yang legendaris dan jalur kuno yang menghubungkan Tokyo dan Kyoto. Tradisi menempuh perjalanan dengan berjalan kaki telah dirayakan selama berabad-abad oleh para seniman di Jepang. Inilah yang juga akan dilakukan oleh Evolta.
     Robot dengan tinggi hanya sekitar 17 cm dan berat 997 gram ini akan berjalan dalam sebuah plastik silinder yang berputar, mirip seperti hamster dengan rodanya. Bedanya, Evolta berjalan sambil menarik gerobak yang sesungguhnya adalah baterai Evolta 12 AA untuk sumber energinya.
     Robot mungil Evolta akan menempuh perjalanan sesuai peraturan penyelenggara acara. Misalnya saja, dia hanya berjalan di waktu siang hari, hanya boleh mengisi ulang baterainya satu kali dalam sehari dan tidak diperkenakan berjalan saat cuaca hujan. Semua aktivitas Evolta dimonitor oleh tim melalui sebuah komputer dari jarak jauh.
    



     Hi-tech ini sumber daya telah dikembangkan oleh Susumu Suzuki. Baterai ini diaktifkan oleh air dan memberikan jumlah yang sama saat ini Anda peroleh dari baterai dioksida mangan standar. Fitur terbaik dari baterai akan menjadi bahwa hal itu akan murah dan juga dapat didaur ulang berkali-kali. 
  
     berbagai macam larutan berair dapat digunakan sebagai pengganti air biasa. Jenis baterai ini dirancang khusus untuk mengurangi polusi (lihat klaim ramah lingkungan) karena penggunaan yang lebih sedikit atau tidak adanya logam berat. Baterai yang diaktifkan air telah digunakan dalam radiosondes yang seharusnya tidak mengandung logam berat karena mereka sering jatuh ke tanah atau permukaan laut, dan tanpa batas tetap ada.
     Kit menggunakan sel tembaga-magnesium yang diaktifkan oleh air atau sampel cairan itu sendiri juga sedang dikembangkan. Baterai lain yang diaktifkan air telah ditemukan oleh Susumu Suzuki dari Total System Conductor. Aluminium anoda digunakan pada banyak baterai yang diaktifkan air yang dirancang untuk digunakan dengan air asin seperti air laut. HydroPak menggunakan cartridge bahan bakar sekali pakai yang diaktifkan secara air sebagai alternatif untuk kemasan baterai asam timbal dan generator portabel. Ini menggunakan air yang ditambahkan ke natriumborohidrida yang melepaskan bahan bakar hidrogen untuk sel bahan bakar membran pertukaran proton. Hal ini dapat diisi ulang hanya dengan mengganti kartrid bahan bakar daripada pengisian ulang panjang yang diperlukan baterai lain, namun biaya kartrid $ 20 masing-masing.







     Toshiba B-SX8R menggunakan teknologi termal dan kertas yang dapat ditulis ulang. Kertas glossy khusus dimasukkan ke dalam hopper dan dicetak seperti biasa. Setelah digunakan, kertas dapat dimasukkan ke dalam hopper yang sama dan melewati mesin, dan tinta akan dihapus.Toshiba percaya teknologi akan menarik bagi perusahaan yang ingin meningkatkan kredensial hijau mereka. Ini sudah dijual di Jepang dan perusahaan sekarang ingin memperluas ke Eropa, tetapi akan berhati-hati dalam melakukannya.Satu hal yang dapat membuat konsumen Eropa mati adalah biayanya. Menurut manajer komersial Toshiba untuk printer dan produk terkait, Michael Keene, perusahaan masih jauh dari pengaturan harga Eropa dan Inggris.
     "Jika Anda melihat harga di Jepang, itu akan menjadi sekitar £ 5.000 untuk printer," kata Keene. "Makalahnya £ 5 per lembar saat ini."Keene menekankan bahwa Toshiba berada pada tahap "menguji pasar" saat ini dan mengambil printer di tur Eropa untuk melihat apa yang dipikirkan oleh bisnis.
     Dia ingin menekankan bahwa perusahaan tidak melihatnya sebagai printer tujuan umum yang akan digunakan untuk bisnis normal; masih kurang apakah itu produk konsumen."Jenis aplikasi yang akan menggunakan ini adalah di mana ada volume besar dan salinan cetak hanya diperlukan untuk waktu yang sangat singkat," kata Keene."Instruksi kerja, memilih daftar, instruksi pengiriman, daftar inventaris dan daftar proses, hal semacam itu dan alur kerja."
     Keuntungan besar dari B-SX8R adalah bahwa hampir tidak ada pemborosan kertas dan tidak perlu bahan habis pakai. Untuk bekerja, kertas khusus, semi-glossy dimasukkan melalui hopper di bagian depan unit. Hopper menyimpan kertas dalam tumpukan yang ketat dan simetris, yang penting. Kemudian dimasukkan ke dalam unit sentral di mana ia dipanaskan hingga 300 ° C untuk menghilangkan gambar yang dicetak sebelumnya. Kemudian mengalir ke bagian ketiga dari unit di mana ia memanaskan hingga 180 ° C dan sebuah gambar dapat ditambahkan.
 

2.3.1.  Pendidikan robot AI

     Negara Jepang yang sampai saat ini masih terdepan dalam dunia robot. Berbagai robot untuk membantu pekerjaan manusia telah diciptakan. Hal ini didukung oleh dana dari pemerintahan jepang  dalam mendanai riset-riset yang mereka lakukan dalam perkembangan robot mereka. Pada bulan September 2012, Jepang juga telah berhasil memecahkan rekor dengan lahirnya evolta. Robot yang menjadi maskot perusahaan elektronik asal Jepang.
     Penduduk kota Metropolitan Tokyo, Naoki Asayama adalah pengguna pertama AI-enabled home products yaitu robot bernama Musio yang dapat berbicara dengan bahasa inggris. robot AI hanyalah salah satu contoh dari percobaan dan Pemerintah Jepang yang telah merencanakan langkah-langkah lain untuk membantu proses belajar lebih efisien seperti menggunakan aplikasi tablet dan memiliki pelajaran online dengan pengisi suara langsung. Langkah tersebut dilakukan menjelang perubahan kurikulum nasional dua tahun mendatang yang nantinya mengharuskan anak-anak dari usia 10 tahun di Jepang belajar bahasa Inggris.
     Berkat AI, robot bisa melakukan percakapan sederhana dan bisa mengajarkan bahasa inggris sederhana untuk anak-anak. Dikembangkan oleh California AKTA Studi Startup, Musio menggunakan sistem AI yang terhubung melalui jaringan untuk melakukan percakapan. 
Selain berbicara, Musio bisa membuat lebih dari 15 ekspresi berbeda di wajahnya dan bisa menceritakan lelucon. Musio adalah robot spesial karena dia mampu menjawab pertanyaan yang relevan sesuai dengan konteks pembicaraan dan kita tidak pernah tahu jawaban yang akan diberikan oleh Musio.Sementara itu, Sharp mencoba memberi “pikiran” untuk peralatan rumah tangga menggunakan AI.
Tujuan dari perusahaan adalah menciptakan robot sebagai asisten rumah tangga yang rencananya akan diluncurkan pada akhir tahun ini. Robot berkomunikasi dengan AC, TV dan oven microwave di rumah, menganalisis riwayat penggunaan alat-alat rumah tangga dan menyarankan penggunanya tentang bagaimana mereka dapat mengoptimalkan penggunaannya.
Robot AI diharapkan membantu proses belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan para guru dan murid. Seorang pejabat mengatakan kepada AFP, Kementerian Pendidikan telah merencanakan proyek percontohan senilai 250 juta yen tersebut untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris warga Jepang yang masih dinilai lemah secara lisan.

     Dengan tercakupnya wilayah baru yang luas ini ke dalam genggaman Jepang, Jepang membutuhkan sebuah sarana transportasi yang mampu membawa penumpang atau barang dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat.
     Transportasi tersebut tentunya harus memiliki kecepatan tinggi untuk mencapai kapasitas layanan yang besar. Lagipula, pada awal abad XX, orang-orang sedang terobsesi dalam hal “kecepatan”.Namun begitu, Perang Dunia II terlanjur pecah lebih dulu akibat penyerangan tiba-tiba angkatan perang Jepang ke pangkalan angkatan laut Amerika Serikat di Pearl Harbor.
Selain itu pada Juli 1937, Perang Jepang-Tiongkok II pun pecah. Ketika Jepang perlahan-lahan mulai kehilangan dominansi dan kekuatan di Asia akibat ditekan oleh kekalahan demi kekalahan dalam ekspansionismenya, proyek dangan ressha pun perlahan kehilangan bunyi dan akhirnya tak jadi dieksekusi.
Setelah dilupakan beberapa tahun, ide tentang jalur khusus kereta api cepat kembali dibangkitkan pada dekade 1950-an karena kepadatan lalu lintas barang dan penumpang sepanjang jalur utama kereta Toukaidou meningkat drastis.Peningkatan ini didorong oleh suksesnya rekonstruksi ekonomi dan industri Jepang, yang juga didorong secara tidak langsung oleh berlangsungnya Perang Korea dan Perang Dingin.
Saking tingginya lalu lintas perkereta-apian saat itu, sering terjadi kecelakaan yang mengakibatkan korban yang tidak sedikit.Disusunlah tiga pilihan rencana. Rencana pertama adalah membangun jalur tambahan sejajar dengan jalur Toukaidou yang sudah ada. Rencana kedua adalah menambah panjang jalur Toukaidou dari Tokyo ke Osaka.
Rencana ketiga adalah membangun jalur baru dengan spesifikasi lebar rel yang berbeda. Pilihan ketiga diambil, dengan tujuan utama jalur ini bisa digunakan untuk sistem kereta api cepat yang kecepatannya lebih tinggi daripada kecepatan standar kereta lain pada masa itu.
Dua orang penting yang mengawal realisasi dan eksekusi proyek Shinkansen adalah Shima Hideo dan Sogou Shinji. Shima Hideo adalah seorang insinyur, anak dari Shima Yasujirou, orang yang mengembangkan perencanaan proyek Shinkansen di masa Perang Dunia II.
Sogou Shinji adalah presiden direktur JNR, pimpinan perusahaan kereta api nasional Jepang yang juga berusaha meyakinkan para politisi untuk mendukung pelaksanaan proyek ini. Sogou juga berhasil meyakinkan IBRD (Internasional Bank for Recovery and Development) untuk mendukung keperluan finansial proyek ini.
Pemerintah memberikan lampu hijau untuk proyek shinkansen pada Desember 1958. Konstruksi tahap pertama jalur Toukaidou shinkansen antara Tokyo—Osaka dimulai April 1959. Pada 1963 kereta khusus shinkansen pertama, zero-kei (0-ç³») dibangun dan diselesaikan. Kereta ini mampu berlari hingga 220 km/jam. Sebanyak 3.216 set dibuat sejak 1963 dan terakhir digunakan November 2008.
Toukaidou Shinkansen mulai beroperasi pada 1 Oktober 1964, bertepatan dengan acara Olimpiade Tokyo. Kereta biasa membutuhkan waktu nyaris tujuh jam untuk mencapai jarak Tokyo—Osaka sedangkan kereta shinkansen bisa menempuhnya dalam waktu 3 jam 10 menit. Prestasi ini mengakibatkan popularitas shinkansen.










Anime adalah produksi animasi Jepang yang menampilkan hasil gambar animasi melalui tangan maupun komputer. Istilah anime merupakan bahasa serapan dari bahasa Inggris “animation”. Dalam bahasa Inggris, istilah ini didefinisikan sebagai penyebarluasan gaya animasi Jepang yang pada umumnya dicirikan dengan grafis yang warna-warni, karakter yang bersemangat dan tema yang terkadang tidak masuk akal. Terkadang arti yang diinginkan dari istilah ini bervariasi tergantung dari konteks yang dibahas.
Secara umum anime pada awalnya dikenal sejak tahun 1917, dan banyak animasi asli Jepang yang diproduksi pada dekade-dekade setelahnya namun karakteristik gaya anime mulai dikembangkan pada tahun 1960 – yang ditandai dengan karya Osamu Tezuka – dan mulai dikenal di luar Jepang pada tahun 1980-an.
Selain penggambaran,penulisan scenario,planning,inila beberapa tahap pembuatan anie menggunakan komputer dan beberapa peralatan dengan mengikuti perkembangan teknologi yang kini sudah maju.
Color Styling
Setelah key animation dan in-between ada proses color styling. Pada tahap ini mereka biasanya menggunakan PH coloring yang berbeda-beda. Ada request tertentu dari tiap animasi pada departemen pewarnaan. Untuk mengurangi tingkat kesalahan, saat ini sudah ditentukan warna patokan dan khas dari setiap project yang akan dibuat, dari filter, warna bayangan hingga warna-warna dari karakter tersebut. Berbeda dengan jaman dulu yang tidak tentu dan tidak memiliki perbedaan di tiap episodenya.
SFX Animation
Dalam SFX animation, animator akan menambahkan special effect yang dibutuhkan dalam anime, seperti efek sparkles, flashes, vibration, dan lain-lain.
Sound Editing
Pada tahap final, biasanya akan ada pengisian dubbingsound effect, dan music selection. Sebuah production house anime biasanya sudah menyiapkan template suara dan siapa pengisi suara dari tiap karakter di anime. Seperti misalnya Naruto atau Luffy.
Software yang digunakan untuk dubbing pun beragam,ada adobe audition,Nuendo Cubase,Pro tools.


     Jaringan bioskop Korona World di Jepang mengumumkan pembukaan bioskop 4D di Nagoya, 26 April.
     Menurut perusahaan tersebut, bioskop 4D akan dilengkapi teknologi 4DX, sistem yang dikembangkan di jepang yang menambah efek gerak, kelembaban, aroma, cahaya, gelembung, dan efek lain.
     Contohnya bangku penonton diprogram untuk dapat bergerak menyesuaikan gerakan dalam film yang terpampang di layar. Geraknya akan bervariasi, bisa juga hingga mengagetkan penonton. Selain itu, ada bagian-bagian yang bisa bergerak di punggung kursi untuk memberi efek goncangan saat adegan asksi sehingga penonton merasa menjadi bagian dari film.
     Sebuah panel di depan kuris memiliki kipas untuk efek angin, penyemprot air, efek cahaya, dan sistem yang bisa mengeluarkan 1000 aroma unik. Ada juga perlengkapan yang berada di langit-langit untuk membuat beragam efek seperti hujan gelembung. Dengan sistem 4DX dapat menstimulasi panca indra sehingga penonton dapat merasakan hubungan personal dengan film. Film pertama yang akan ditayangla di bioskop di nagoya adalah iron man 3.







     Robot bukan hanya sebagai pelayan. Kini Jepang mengembangkan robot peracik sushi layaknya sushi chef.Robot makin banyak dipakai dalam industri kuliner. Di masa depan robot diharapkan bisa menjalankan pekerjaan chef, termasuk sushi chef.Seperti diketahui menjadi seorang sushi chef perlu hingga 10 tahun pengalaman. Dari mencuci beras hingga mampu meracik sushi sesuai kaidah tradisional Jepang. Kini, diperkenalkan robot peracik sushi.
Robot ciptaan Kawasaki manufaktur ini bernama DuAro dan dirancang untuk dapat membuat sushi kurang dari 1 menit. robot ini pertama kali diperlihatkan di Gizmodoo. Sebuah video yang menunjukkan robot yang membuat nigiri sushi atau sushi gulung.
Sesuai dengan namanya
DuAro (dual arm), robot ini memilki dua lengan, kanan dan kiri.Proses pembuatan sushi oleh DuAro diawali dengan lengan kiri robot yang akan mengambil sekepal kecil nasi. Kemudian lengan kanan mengambil botol wasabi yang mengoleskan sedikit di atas nasi.














     Festival Salju Sapporo adalah festival musim dingin yang paling terkenal di Jepang. Diselenggarakan pada awal Februari setiap tahun di Sapporo, Hokkaido. Festival Salju Sapporo pertama diadakan pada tahun 1950. Taman Odori, situs utama dari Festival Salju Sapporo, merupakan tempat pembuangan salju di musim dingin.
     Beberapa siswa SMP dan siswa SMA berkumpul untuk membuat patung salju. Mereka membuat 6 patung salju dan inilah awal dari Festival Salju Sapporo dan itu menjadi lebih besar dan lebih besar tahun. Situs utama adalah Taman Odori dan terletak di pusat kota Sapporo.
     Taman Odori adalah sekitar 1 km dari stasiun JR Sapporo dan memakan waktu sekitar 10 menit di kaki. Taman ini sekitar 1,5 km panjang dan kamu dapat menikmati berbagai patung salju dengan berjalan di dalam taman. Situs Susukino terletak di kawasan hiburan terbesar di Hokkaido, Susukino. Di Susukino, kamu dapat menikmati patung-patung es. Patung-patung es yang lebih halus kerja dibandingkan dengan patung salju.
     Saya sarankan kamu untuk pergi setelah menikmati patung salju karena mereka menyala sampai pukul 23:00. Susukino hanya 500 m dari Taman Odori. Rute ke Situs Tsu-Dorm memakan waktu sekitar 20 menit dari Stasiun Kereta JR Sapporo dengan kereta bawah tanah. Stasiun kereta bawah tanah terdekat adalah Toho-line, Stasiun Sakaemachi .Situs Tsu-Dorm lebih condong untuk keluarga. Ada banyak atraksi menyenangkan bagi anak-anak seperti serodotan salju, salju arung jeram, dan mobil salju. Buka dari 09:00-17:00 setiap hari.









     Pada paparan diatas dapat disimpulkan bahwa teknologi di jepang pada masa sekarang, tentunya perkembangan teknologi Jepang jauh lebih maju lagi. Kita dapat dengan mudah menjumpai berbagai jenis barang atau peralatan produksi Jepang dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai jenis barang atau peralatan tersebut merupakan hasil dari perkembangan teknologi. Berbagai jenis barang itu antara lain perangkat komputer dan laptop dengan merk Toshiba dan Sony Vaio, televisi, handphone, kipas angin , kulkas, dan ricecooker. Sedangkan dibidang otomotif seperti mobil dan motor dengan merk Suzuki, Toyota, Daihatsu, Yamaha, dan Honda, serta robot Baby Sister yang pernah diperkenalkan kepada berbagai negara.Selain itu, Jepang juga telah membuat iphone dengan jenis terbaru. Dan pada tempat wisata, makanan di jepang terdapat teknologi yang sangat canggih.

     Jepang memang negara yang sangat maju dalam hal teknologi. Namun pada teknologi pembuatan makanan tidak seberapa maju. Seharusnya jika teknologi pembuatan makanan harus ditingkatkan kecanggihannya agar masyrakat jepang lebih makur dan lebih efisien.Dan menurut saya makalah ini dapat memberi manfaat serta wawasan, sehingga pembaca dapat termotivasi oleh sebagai negara yang maju dalam bidang teknologinya.





MAKALAH TEKNOOGI DI JEPANG MAKALAH TEKNOOGI DI JEPANG Reviewed by hardware di satu pc on Januari 30, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.